27/09/11

10 Fakta Aneh Kehamilan Yang Tidak Diberitahukan Kepada Anda

Konnichiwa minna...!! today i want to post a news about pregnant,, this news i taked from other blog..XDD,, 

Okey minna, let's check it out!!! yo..yo...*ngerap*

Menjadi seorang ibu hamil bisa membuat perasaan anda campur aduk, apalagi jika ini kehamilan pertama anda. Berikut adalah fakta aneh soal kehamilan yang tidak diberitahukan kepada anda.

1. Usia kehamilan bisa lebih dari 1 tahun
Kehamilan yang normal berlangsung selama 9 bulan dan dokter spesialis kandungan akan mengambil tindakan yang diperlukan (seperti induksi) untuk merangsang kelahiran jika due date anda sudah terlewati. Tapi masa kehamilan yang berlangsung selama lebih dari 1 tahun mungkin saja terjadi. Masa kehamilan terlama di dunia adalah 375 hari. Anehnya, bayi yang lahir beratnya tidak lebih dari 3,5 kg.

2. Janin laki-laki bisa mengalami ereksi dalam rahim
Kebanyakan ibu hamil mungkin tidak akan bisa membayangkan bahwa bayi mereka yang lucu mengalami ereksi (mereka mungkin bahkan tidak tidak bisa membayangkan anak laki-laki mereka yang sudah remaja mengalami ereksi). Tapi faktanya, janin laki-laki bisa mengalami ereksi dalam rahim. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa baik janin laki-laki maupun janin perempuan bisa bermarturbasi dalam rahim, tapi melalui USG hanya bayi laki-laki yang pernah “tertangkap basah” sedang ereksi.
Jadi jika anda menganggap berhubungan intim selama hamil agak “mengerikan”, bayangkan apa yang janin anda lakukan dalam rahim anda saat anda berhubungan intim dengan suami!

3. Setelah melahirkan, seluruh “bagian bawah” anda bisa jadi perlu dijahit
Anus bisa jadi merupakan bagian terakhir dari tubuh anda yang anda biarkan dijahit, tapi faktanya, banyak ibu hamil yang harus dioperasi bagian anusnya setelah melahirkan. 9 dari 10 wanita mengalami sobekan vaginal setelah melahirkan, tapi derajat sobekan yang dialami berbeda-beda. Beberapa ibu hanya memerlukan sedikit jahitan, tapi ada beberapa kasus di mana ibu harus mendapatkan jahitan dari vagina ke anus. Beberapa jenis sobekan bahkan bisa mempengaruhi otot-otot di sekitar anus. Tapi jangan khawatir, kasus seperti ini hanya terjadi 1 dari 100 kasus.
Untuk mencegah hal seperti ini terjadi, anda bisa memijat area bawah anda beberapa minggu sebelum kelahiran. Meskipun hal ini tidak sepenuhnya berhasil mencegah sobekan terjadi. Banyak dokter spesialis kandungan yang memilih untuk melakukan episiotomi agar sobekan yang terjadi “lebih rapih”. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang episiotomi, anda bisa baca di sini.

4. Saat melahirkan, anda bisa tiba-tiba BAB
Kasus ibu hamil yang BAB saat melahirkan sangat sering terjadi. Ini terjadi karena otot yang anda gunakan saat mengejan adalah otot yang sama dengan yang anda gunakan saat BAB. Dulu banyak bidan/perawat yang memberikan pencahar kepada ibu hamil sebelum melahirkan, tapi ternyata hal ini tidak sepenuhnya berhasil mencegah “kecelakaan” terjadi, bahkan seringkali menyebabkan dehidrasi. Saat ini, dokter spesialis kandungan atau bidan anda akan siap membantu membersihkan kotoran anda. Dalam banyak kasus, mereka bahkan tidak memberitahu anda kalau anda BAB. Hal ini membuat anda berpikir 2 kali untuk membuat video kelahiran kan? :) 

5. Saat anda hamil, anda betul-betul berkilau
Ungkapan bahwa ibu hamil itu berkilau sangat sering kita dengar, tapi banyak orang yang menjelaskan hal ini karena sang ibu sangat bersemangat menjadi seorang ibu. Tapi sebenarnya, kulit seorang ibu hamil memang berkilau. Saat anda hamil, jumlah darah yang beredar dalam tubuh anda meningkat hingga 50%. Kelebihan jumlah darah ini akan terlihat di bawah kulit anda di banyak bagian, utamanya pipi anda.
Selain itu, hormon-hormon yang anda produksi selama kehamilan menyebabkan kelenjar minyak di kulit ansa lebih aktif dan memberikan anda tampilan kulit yang lebih lembut dan mengkilap. Kombinasi antar peningkatan aliran darah dan kilap pada kulit anda, anda tentu saja akan terlihat berkilau.

6. Anda jadi lebih sensitif terhadap bau-bauan
Selama anda hamil, indera penciuman anda akan jadi jauh lebih sensitif terhadap bau-bauan atau aroma yang ada di sekitar anda, demikian juga dengan indera perasa anda. Para ahli menyimpulkan bahwa hal ini terjadi agar ibu hamil bisa menghindari makanan yang mengandung racun dengan tingkat yang sebenarnya aman untuk orang dewasa, tapi bisa jadi sangat berbahaya bagi janin. Teori ini sangat masuk akal, mengingat bahwa ibu hamil sangat sensitif terhadap aroma rokok/tembakau, alkohol dan kopi.

7. Kontraksi tidak langsung berhenti setelah anda melahirkan
Beberapa ibu bahkan masih mengalami kontraksi beberap hari setelah melahirkan. Kram otot adalah salah satu cara yang dilakukan tubuh untuk menghentikan pendarahan yang berlebihan. Untungnya, jika anda melahirkan di rumah sakit, anda mungkin masih merasakan pengaruh obat anestesi sehingga tidak merasakan kontraksi yang anda alami.

8. Anda tidak benar-benar perlu makan untuk 2 orang
Banyak orang yang meyakini bahwa ibu hamil harus makan sebanyak-banyaknya agar bisa melahirkan bayi yang sehat. Sebenarnya, anda hanya perlu mengkonsumsi tambahan 300 kalori per hari. Ini sama dengan 1 porsi yoghurt dan sepotong roti. Sebagian besar ibu hamil hanya perlu kenaikan berat badan 12 kg saat hamil.
Tentu saja, jika anda sedang menghadiri jamuan makan dan tidak bisa menahan godaan di bagian pencuci mulut, nikmati saja… Orang-orang tidak akan mencela seorang wanita hamil yang makan dengan rakus :) 

9. Ukuran kaki anda bisa naik 1 ukuran
Mungkin anda heran kenapa kaki anda jadi sangat besar padahal berat badan anda hanya naik 12 kg. Hal ini terjadi akibat tekanan berlebih yang dialami kaki anda serta ligamen-ligamen dalam tubuh anda yang mengalami relaksasi. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan anda, tubuh anda kan semakin melonggarkan ikatan ligamen-ligamen untuk membantu proses kelahiran. Sayangnya ini juga mempengaruhi kaki dan sepatu anda, karena kaki anda jadi melebar ke samping. Pada beberapa kasus, kaki yang melebar hanya bersifat sementara, tapi pada beberapa kasus di mana kaki mengalami pelebaran yang ekstrim, perubahan ukuran sepatu bersifat permanen. Tapi ini bisa jadi berita baik buat anda… anda jadi punya alasan yang tepat untuk membeli sepatu baru :) 

10. Suami anda bisa mengalami gejala kehamilan
Banyak calon ayah yang saat istrinya hamil juga ikut mengalami kenaikan berat badan, merasa mual di pagi hari dan bahkan mengalami kram di bagian bawah perutnya. Kondisi ini disebut juga kehamilan simpatetik atau Sindrom Couvade, yang berasal dari kata bahasa Perancis yang berarti “menetas”.

jaa ne at next post...yoroshiku..!

c:www.infohamil.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar